Tutorial : [Coding] BASIC (VBScript) Variable (Bag 1)


Hallo gan... Kali Ini Saya Akan Melanjutkan Tutorial Coding Sebelumnya Yang Membahas tentang bagaimana menulis program 'hello basic' dengan menggunakan VBScript. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan tentangvariable.


Apa Itu Variable ?
Variabel adalah tempat dimana kalian dapat mengisi atau mengosongkan nilainya, dan memanggil kembali apabila dibutuhkan. Setiap variabel akan mempunyai nama (identifier) dan nilai tersendiri 



Contoh Variable
1. nama_saya = "rio"
2. umur_saya = 14
nama_saya dan umur_saya adalah variable Rio dan 14 adalah nilai. Apabila dijalankan, code di atas akan memasukkan nilai Rio ke dalam variable nama_saya dan memasukan nilai 14 ke dalam variable umur_saya. Mungkin Anda akan bertanya mengapa nilai Rio berada di dalam tanda petik, sedangkan 14 tidak. Hal tersebut berkaitan dengan tipe nilai yang hendak disimpan dalam variable.

Berapa Saja Tipe Variable Dalam VBScript?
Dalam VBscript cuma ada satu variabel data yaitu Variant. Tipe Variant adalah tipevariable yang dapat menampung berbagai macam jenis nilai. Maksudnya adalah kalau variable tersebut diisi nilai integer maka variable tersebut akan diperlakukan sebagi integer. Kalau variable tersebut diisi nilai string, maka variable tersebut akan diperlakukan sebagai tipe string. Segampang itu lah tipe variable di bahasa pemprograman VBScript.

Contoh :
1. var1 = 1
2. var2 = "string"
var1 akan diperlakuan sebagai integer var2 akan diperlakukan sebagai string
Tipe Integer dapat dianggap sebagai angka, sehingga variable yang menyimpan integer dapat digunakan dalam operasi sistem matematika. Contoh :
1. var_int1 = 30
2. var_int2 = 20
3. var_jumlah = var_int1 + var_int2
4. msgbox(var_jumlah)
jika script di atas di jalankan akan muncul seperti Screenshot dibawah ini :


Karena tipe String dapat kita anggap sebagai text, dan tentu saja tidak dapat digunakan untuk operasi matematika, namun kita bisa menggabungkan stringnya


Tipe Variant dalam bahasa pemprograman VBScript bisa memuat banyak tipe data, selain String dan Integer. Seperti misalnya date, currency, boolean, dll . (Akan Saya Bahas Di Artikel Coding Selanjutnya) Tunggu Update Artikel Mengenai Tutorial Coding Selanjutnya gan Semoga Bermanfaat :)
Previous
Next Post »

PERATURAN BERKOMENTAR :

1. Dilarang Menaruh Link Aktif (Live Link)
2. Komentar Dilarang Mengandung Unsur Sara / Por*o
3. Setidaknya Gunakan Name/URL daripada Anonim (Pengguna Tanpa Nama)
4. Jika Komentar Relevan Kami bisa Menghargai Komentar Anda
5. Dilarang Spam Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment