Tutorial [Coding] VBScript Conditional If



Hallo Kali ini Saya Melanjut kan Tutorial Coding .. Untuk Lebih Jelasnya Yuk Simak
Conditional Statement adalah pernyataan bersyarat. Apa ya syaratnya? Syaratnya ya kita sendiri yang bikin. Apabila suatu syarat terpenuhi maka nilainya adalah true, sebaliknya jika syarat tersebut tidak terpenuhi maka akan bernilai false.

Bentuk Conditional If dalam VBScript adalah : If (syarat) Then (aksi) End If. Jika Conditional If ini diterjemahkan dalam bahasa sehari-hari maka artinya adalah "Jika syarat terpenuhi maka lakukan aksi

contoh :
nilai_saya = 35 
If nilai_saya = 35 Then
   msgbox("saya diomelin sama Ortu!")
End if

Code di atas akan memunculkan message box yang isinya "saya dimarahin sama Ortu!" kalau syarat terpenuhi. Apa syaratnya? Syaratnya adalah variable nilai_budi harus bernilai 35. Jadi dalam bahasa sehari-hari code di atas bisa diartikan : "Apabila variable nilai_saya adalah 35 maka tampilkan message box yang berisi kata kata 'saya dimarahin sama Ortu!'"Code di atas bila dijalankan akan menampilkan screenshot di bawah, karena sebelumnya variable nilai_saya. sudah diisi 50, sehingga syarat bernilai true.


Contoh Lagi nih gan :
nilai_saya = 80 
If nilai_saya = 35 Then
   msgbox("saya diomelin sama Ortu!")
Else
   msgbox("Ortu saya Senang!")
End if 


Jika Dijalankan Akan Muncul Screenshot Di Bawah Ini  : 


Conditional If  juga bisa dilakukan secara bertingkat : 1. If (syarat1) 2. Then (aksi1) 
3. ElseIf(syarat2) 4. Then (aksi2) 5. End If

Contohnya : 

nilai_rio = 30 
If nilai_rio = 10 Then
   msgbox("Nilai rio sangat jelek")
ElseIf nilai_rio = 30 Then
   msgbox("Nilai rio pas pas an")
Elseif nilai_rio = 100 Then
   msgbox("Nilai sangat bagus")
End If

Jika Di Jalankan Code Tersebut Akan Muncul Seperti Ini : 





Nah Cukup Sampai Di Sini.. Kita Sudah Belajar Mengenai VBScript Conditional If ... Semoga Bermanfaat Buat Kalian :)
Tunggu Artikel Selanjutnya ... see you :D




Previous
Next Post »

PERATURAN BERKOMENTAR :

1. Dilarang Menaruh Link Aktif (Live Link)
2. Komentar Dilarang Mengandung Unsur Sara / Por*o
3. Setidaknya Gunakan Name/URL daripada Anonim (Pengguna Tanpa Nama)
4. Jika Komentar Relevan Kami bisa Menghargai Komentar Anda
5. Dilarang Spam Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment