Sejarah Motherboard


Nah Disni Tempat Kalian Yang Belum Begitu Kenal Sama Yang Namanya MOTORBOARD Motherboard Yuk Kita Simak !!

Sejarah motherboard dimulai pada tahun 1977,pihak yang pertama kali mengembangkan konsep motherboard adalah perusahaan Apple yang tengah merancang Apple II. Ide tentang motherboard muncul karena menurut para insinyur Apple menilai bahwa perangkat pembangun komputer di masa itu sangat tidak praktis dan terlalu ruwet Alias RIbet . Semua komponen yang digunakan untuk membangun komputer dibuat individu dengan penempatan yang terpisah, sehingga memakan banyak tempat dan untuk menghubungkannya antar komponen yang satu dengan yang lainnya diperlukan banyak kabel yang menjalar kemana mana

Nah, dari situlah sob para insinyur insiyur apple punya ide untuk membuat segala sesuatu jadi lebih simple,ringkas dan praktis

Setelah motherboard diciptakan, tak berapa lama kemudian sejumlah perusahaan memutuskan untuk melakukan pengembangan pada motherboard buatan Apple tersebut. Beberapa diantaranya yaitu Micronics, Mylex, AMI, Huppauge, Orchid Technology, Elitegroup, dan DFI.

Gak butuh waktu lama, ditahun 1980 terjadi momentum pada saat itu motherboard dilakukan pengembangan secara besar besaran sob, bahkan hal ini terus belanjut sob sampai tahun 1990 dimana penemuan sukses terjadi penggabungan slot keyboard, mouse, dan floopy drive, serta port serial dan port paralel ke dalam motherboard.

Sejarah Motherboard pun masih berlanjut namun tetap saja tak ada satupun yang menjadi bentuk standar, karena setiap tahunnya motherboard terus mendapat ubahan yang membuat bentuknya selalu berubah-ubah. Standar awal yang pertama kali digunakan digunakan adalah PC/XT, yang mana standar ini kemudian digunakan oleh IBM.

Berikutnya ada pula sob standar yang diciptakan oleh AT (Advance Technology), namun yang paling lama bertahan adalah bentuk standar motherboard ATX (Advance Technology Extension), yang kemudian dikembangkan lagi menjadi Mini ATX dan Micro ATX. Ini merupakan motherboard yang desainnya masih terus dianut oleh banyak perusahaan penghasil motherboard sampai saat ini sob.

Perusahaan besar Intel juga termasuk salah satu pihak yang mengeluarkan standar motherboard lewat BTX (Balanced Technology Extension), namun sayang sekali produk buatan Intel tersebut kurang mendapat perhatian dari pasar yang masih condong ke gaya lama alias PRODUK GAGAL

Lalu menapaki tahun 2000-an, motherboard sudah terintegrasi dengan beberapa komponen perangkat keras tambahan berupa sound dan VGA yang langsung menempel di motherboard atau lebih dikenal dengan sebutan onboard.

Beragam usaha yang dilakukan oleh segenap pelaku bisnis komputer terhadap motherboard masih terus berlanjut hingga kini. Tentu saja perkembangan tersebut dapat terjadi seiring dengan kemajuan lain yang diperlihatkan dari beberapa perangkat keras komputer lainnya. Salah satu buktinya adalah desain motherboard versi modern yang saat ini sudah mendapat tambahan perangkat canggih berupa konektivitas USB, FireWire, dan LAN.

Seandainya dulu motherboard tidak pernah ditemukan, mungkin bentuk komputer hingga saat ini masih identik dengan ukuran raksasa, serta penggunaan kabel yang bukan main banyaknya. Selain itu motherboard juga membuat kondisi penempatan komponen di dalam casing jadi terlihat lebih rapi, karena semuanya telah digabung menjadi satu dan yang pastinya tidak ada lagi kabel yang semerawut dimana-mana.

Motherboard yang diproduksi di jaman ini memiliki beragam ukuran dan bahkan ada beberapa yang dibuat secara spesifik untuk merek sistem tertentu. Namun kebanyakan motherboard modern telah dibuat untuk siap dipasang ke berbagai macam ukuran casing.

Gambaran Apple II

Sekalian Di artikel Kali Ini Gw Juga Mau Kasih Penjelasan Mengenai Motherboard 


APA SIH ARTI NAMA MOTHERBOARD???
Sebenarnya motherboard bukanlan nama pasti sob .. ada yang menyebutnya dengan istilah ‘mainboard’, ada lagi yang menyebutnya dengan istilah ‘mobo’ atau ‘MB’. Lalu ada pula yang menyebutnya dengan istilah ‘system board’ atau ‘logic board’. namun yang dianut para teknisi teknisi adalah motherboard

Motherboard berasal dari dua kata yang terdiri dari ‘mother’ yang berarti ibu/induk dan ‘board‘ yang berarti papan. Secara harfiah, kata motherboard memiliki arti sebagai ‘papan induk’. Lalu kenapa diberi nama demikian ? Sederhananya, motherboard merupakan bagian yang memiliki peran sangat penting terhadap keseluruhan perangkat keras komputer. Tak ada satupun komponen komputer lainnya yang tidak terhubung dengan perangkat penting yang satu ini, baik secara langsung maupun tidak langsung. Karena itulah sangat wajar jika komponen ini disebut dengan istilah ‘induk’ yang mengisyaratkan peran besarnya sebagai pusat dari beberapa perangkat keras komputer lainnya.

Lalu tentang sebutan ‘papan’ pada kata motherboard, hal ini lebih dikarenakan bentuknya yang memang menyerupai sebuah papan sirkuit elektronik, yang pada dasarnya merupakan tempat berkumpul beberapa komponen dan port yang sengaja dipasang guna mendukung motherboard itu sendiri dalam menjalankan fungsinya.
gitu sob udah ngerti belum??? kalo belum mari lanjuuuut

PENGERTIAN MOTHERBOARD MENURUT PARA MASTAH  AHLI 

Jika di amati dari pernyataan yang dikeluarkan oleh para mastah alias ahil, pengertian motherboard cukup beragam sob namun pada hakikatnya masih berakhir pada fokus yang sama.

pengertian motherboard menurut para ahli :

  • Motherboard adalah papan sirkuit terbesar pada komputer dan merupakan “Badan” yang menghubungkan seluruh unit pada sistem komputer.
  • Motherboard ialah papan sirkuit tempat terhubungnya komponen–komponen perangkat keras lainnya, disusun di atas papan printed circuit board (PCB) yang memiliki chip bios (program penggerak) dan yang memiliki jalur akses untuk menghubungkan antar perangkat lainya.
  • Motherboard adalah tulang punggung dari komputer yang berfungsi sebagai penyalur arus data dari Processor, RAM, VGA, Harddisk, Audio, dan periferal lainnya.
  • Motherboard adalah papan induk elektronik atau mainboard yang dimana semua device komputer dipasang di slot-slotnya.
  • Motherboard/mainboard adalah komponen utama yang membangun sebuah komputer. Berbentuk papan persegi dengan slot-slot untuk memasukkan komponen-komponen lain.
  • Motherboard adalah papan sirkuit utama atau papan sirkuit pusat untuk membentuk suatu sistem elektronik yang komplek seperti komputer.
  • Motherboard adalah sebuah perangkat keras dalam sistem komputer yang berbentuk printed circuit board (PCB).
  • Motherboard adalah papan utama berupa PCB (printed circuit board) yang memiliki chip bios (program penggerak), jalur-jalur dan konektor sebagai penghubung akses masing-masing perangkat.
  • Motherboard adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung seperti pada PC (Personal Computer) atau machintosh dan biasa disingkat dengan kata mobo.
Pengertian Motherboard Secara Umum

Dari beberapa pernyataan tentang pengertian motherboard menurut para mastah mastah di atas, dapat dibuat kesimpulan bahwa motherboard adalah perangkat keras komputer berbentuk papan sirkuit berupa PCB (printed circuit board), yang bertindak sebagai pusat tempat terhubungnya komponen–komponen perangkat keras komputer lainnya. Dalam menjalankan tugasnya, motherboard memiliki jalur-jalur khusus serta konektor yang ditujukan bagi setiap komponen perangkat lain dalam komputer.

gambaran alm.steve job & steve wozniak dengan apple 1
Gimana udah jelas ??? Semoga Artikel Ini Menambah Wawasan Buat Kalian Semua :)



Previous
Next Post »

3 comments

Click here for comments

PERATURAN BERKOMENTAR :

1. Dilarang Menaruh Link Aktif (Live Link)
2. Komentar Dilarang Mengandung Unsur Sara / Por*o
3. Setidaknya Gunakan Name/URL daripada Anonim (Pengguna Tanpa Nama)
4. Jika Komentar Relevan Kami bisa Menghargai Komentar Anda
5. Dilarang Spam Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment