Terpecahnya Misteri Hilangnya 11 Hari Pada Bulan September 1752

Hallo gw rio kali ini gw mau share berita yang mengguncangkan dunia... mungkin ini bukan berita baru yaa.. cuma mau share ulang aja siapa tau ada yang belum tau :)) silahkan di simak nih gan ..

Pada tahun 1752 di bulan september silam, telah terjadi keanehan yang sangat luar biasa. Pada tahun dan bulan itu tepatnya pada tanggal 2 september dimana tidak di temukan tanggal dari kelanjutan tanggal dua dan yang ada hanya tanggal 2 melompat sampai ke 14. Lantas dimanakah tanggal 3-13 yang hilang begitu saja?




Hal yang misterius ini terjadi di negara Inggris di waktu itu. Para penduduk yang heboh ketika mengalami hal ini, Ketika para penduduk tidur pada tanggal 2 dan bangun keesokan harinya tiba-tiba di tanggal 14. Lantas dimana letak 11 harinya ? Apakah mereka tertidur selama 11 hari? Nyatanya tidak bisa di lihat sendiri kalender yang di dapat pada tahun itu

Misteri Yang Hilang

Oleh Bob Brooke

Hari ke-3 bulan September 1752, di Inggris dan semua koloni Inggris, termasuk Amerika mengalami hilangnya 11 hari (3 - 13 September). Ketika orang-orang terbangun dari tidur, mereka mendapati tanggal telah berubah menjadi 14 September. Orang-orang berfikir bahwa pemerintah mencoba menipu mereka, karena akibat dari banyaknya kerusuhan di daerah pedesaan dan koloni Inggris. Hal serupa sebenarnya pernah terjadi di tempat lain, Perancis mengalaminya pada 1582, Austria pada 1584 dan Norwegia pada 1700. Inggris termasuk diantara negara-negara terakhir di dunia yang menggunakan kalender cacat. Kalender Julian (penanggalan oleh Julius Caesar) yang diadopsi sekitar 45 SM, menyatakan 25 Maret sebagai hari tahun baru (1 tahun=365 hari dan 6 jam lebih lama). Kalender Konsili Nicea resmi diadopsi pada 325 Masehi, karena memungkinkan untuk mengukur edar matahari lebih akurat. Astronom menemukan bahwa sistem Julian melebihi tahun matahari sebanyak 11 menit (24 jam setiap 131 tahun, atau 3 hari setiap 393 tahun). Kelebihan ini berjumlah 10 hari dalam bentang tahun 325 dan 1582 Masehi. Ketika sebagian besar negara melompati 10 hari pada 5 Oktober 1582, untuk memulihkan vernal equinox pada 21 Maret. Untuk mencegah terulangnya kesalahan tersebut, Paus Gregorius XII memperkenalkan sistem penanggalan baru atau lebih dikenal dengan kalender Gregorian. Ia memerintahkan setiap 400 tahun menghilangkan tiga kali hari ekstra tahun kabisat, yaitu mengurangi hari terakhir pada bulan Februari secara teratur (seratus tahun ke-2, 3 dan 4). Jadi harinya akan dihilangkan pada tahun 1700, 1800, dan 1900. Kemudian pengurangan hari akan terjadi pada tahun 2100, 2200 dan 2300.


Dari 11 hari yang hilang banyak timbul pertanyaan-pertanyaan yang memang memilukan. Namun hal tersebut berhasil di pecahkan karena perubahan kalender dan penanggalan dari Julian dan Gregorian. Kalender ini adalah kalender yang di gunakan oleh orang eropa. Kalender Gregorian ini adalah kalender yang di pakai oleh orang eropa dari tahun 1582, Namun di inggris mereka baru memakai kalender ini di tahun 1752. Kalender Julian yang dulunya di pakai oleh orang inggris memuat hari yang berlebih dari yang sebenarnya matahari mengelilingi bumi yaitu 365 hari dan 6 jam. Padahal yang sebenarnya matahari mengelilingi bumi ini tidak sampe dari jumlah tersebut sehingga membuat perbedaan dari kalender julian yang tidak tepat dan berlebih dari yang sebenarnya dalam waktu 11 menit 10 detik. Berarti Artinya setiap tahunnya Inggris kelebihan waktu 11 menit 10 detik dan akan menjadi 24 jam (1 hari) setiap 131 tahun, menjadi 3 hari setiap 400 tahun, dan pada tahun 1582 jumlah kelebihannya mencapai 10 hari. Untuk menghindari kesalahan yang lebih fatal maka pada tanggal 5 Oktober tahun 1582, diadakan perubahan penanggalan dari Julian ke Gregorian dan melompat sepuluh hari sehingga besoknya langsung menjadi tanggal 15 Oktober. Nah Disitu adalah letak misteri dari hilangnya 11 hari di inggris. Namun akhirnya inggris menghilangkan 11 hari tersebut dan mengubahnya dengan waktu yang sebenarnya dengan pemakaian kalender Gregorian tersebut hingga normal sampai sekarang.



Keanehan tersebut juga di alami sistem sistem di komputer kita terutama bagi yang menggunakan OS linux dll, sayangnya para pengguna windows tidak bisa melihat keanehan ini 


Bagi yang pengen lihat, coba aja atur kalender komputer kalian. cuman sayang, buat pengguna windows, tidak bisa melihat kalender tersebut.
Bagi yang pake linux, atau yang selain windows, coba deh, set tanggal komputer kalian bulan september tahun 1752 dulu. Baru deh panggil peritah # cal 1752 pada peritah root. Semoga Bermanfaat :))


Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments
December 26, 2014 at 9:21 PM ×

Baru tau saya, tapi di Indonesia dulu hilang juga gak ya? hehe

Balas
avatar
admin
December 27, 2014 at 4:30 AM ×

yaps .. hilang juga lah gan .. karna kalender ini adalah kalender internasional :d

Balas
avatar
admin

PERATURAN BERKOMENTAR :

1. Dilarang Menaruh Link Aktif (Live Link)
2. Komentar Dilarang Mengandung Unsur Sara / Por*o
3. Setidaknya Gunakan Name/URL daripada Anonim (Pengguna Tanpa Nama)
4. Jika Komentar Relevan Kami bisa Menghargai Komentar Anda
5. Dilarang Spam Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment