Peristiwa Penting Seputar Antariksa Dunia Di Tahun 2014



Hallo Kali Ini Gw Mau Share Seputar Dunia Antariksa Nih...
Ternyata Di Tahun 2014 Ini Banyak Hal Yang Terjadi Di Tahun Ini Termasuk Di Dunia Misi Antariksa,Ada Banyak Pencapaian Pencapain Tercapai , Namun Ada Juga Beberapa Insiden

Untuk Lebih Luasnya Yuk Berikut Peristiwa Penting Seputar Antariksa Tahun 2014


1.SpaceX and Boeing

Pada September lalu, Badan Antariksa Nasional AS (NASA) menandatangani kesepekatan dengan Boeing dan SpaceX untuk program mengangkut astronaut dari dan ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Kesepakatan ini nantinya akan mengurangi ketergantungan AS pada Rusia dalam misi di ISS. Sebagaimana diketahui, untuk transportasi dari dan ke stasiun antariksa itu, selama ini mengandalkan roket andalan Soyuz milik Rusia. "Ini adalah pemenuhan komitmen Presiden Obama untuk kembali menerbangkan manusia dari tanah AS, dan mengakhiri ketergantungan kita kepada Rusia," kata Charles Bolden, administrator NASA.

Contoh :



2. Rocket Antares Meledak Saat Peluncuran

akhir oktober lalu, insiden mewarnai peluncuran roket tanpa awak milik NASA, Antares. Roket meledak usai beberapa detik lepas landas. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam ledakan ini. Dilaporkan insiden itu merupakan kecelakaan pertama yang terjadi semenjak NASA menyerahkan misi kargo ISS kepada operator penerbangan swasta. Roket dengan 14 bagian yang dibangun dan diluncurkan oleh Orbital Science Corp itu meledak, tepat di atas tempat peluncuran di Wallops Flight Facilities. Roket itu membawa pesawat kargo Cygnus untuk menghampiri ISS dan menghantarkan perbekalan. Ledakan terlihat sangat besar dan api langsung membumbung tinggi ke angkasa. Seketika itu juga saham Orbital Science hancur berkeping-keping di lantai bursa. Baik Orbital Science dan Cygnus menyebutkan anomali kendaraan menyebabkan kegagalan peluncuran

Berikut Video Kejadian Tersebut 

                         



3.Pertempuran Di Gaza Dari Anggota ISS

Tinggal di antariksa tak membuat para astronout kehilangan kabar dari bumi. Bahkan para awak di ISS juga mengikuti perkembangan Berita yang ada. Hal ini dijalani oleh astronout Alexander Gerts, yang mengunggah foto dari ISS di akun Twitternya. Saat itu ia mengunggah foto suasana konflik Israel dan pejuang Gaza dari ISS. "Foto saya yang paling menyedihkan. Dari #ISS kita benar-benar bisa melihat ledakan dan roket terbang di atas #Gaza dan #Israel," tulis Gerst yang berasal dari Jerman.

4. Uji Coba Kapsul Orion

Sesuai rencana kapsul antariksa Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA), Orion, sukses jalani uji coba. Diluncurkan dari fasilitas Cape Canaveral, Florida, AS, hingga mendarat di lepas pantai laut Meksiko, Samudera Pasifik, semua berjalan sesuai rencana. Uji terbang ini dianggap monumental, sebab kapsul Orion merupakan kendaraan yang nantinya digunakan untuk membawa manusia dalam misi eksplorasi ke Bulan dan Planet Mars. Misi ini berjalan selama 4,5 jam. Sepanjang itu, Orion telah mencetak tonggak sejarah, di antaranya kapsul terbang melalui sabuk radiasi Van Allen dan mengirimkan videonya langsung ke bumi. Kapsul ini memiliki kursi empat awak. Misi perjalanan ke Mars makin mendekati kenyataan.

Berikut Gambaranya : 

5.Robot Philae Mendarat Di Komet

Bisa dibilang ini merupakan pencapaian bersejarah. Untuk pertama kalinya, misi antariksa bisa mendaratkan robot di permukaan Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko atau disingkat 67P. Pesawat pengorbit komet milik ESA, Rosetta berhasil mendaratkan robot Philae ke permukaan Komet 67P. Misi ini telah diluncurkan satu dekade sebelumnya. Philae sempat mendarat tak mulus di permukaan komet pada pertengahan November lalu. Philae sempat memantul tiga kali sebelum akhirnya benar-benar mendarat di permukaan. Sayangnya misi ini tak begitu seperti yang diharapkan, Philae mendarat pada titik yang tak strategis, kurang mendapat paparan sinar matahari yang maksimal. Akibatnya hanya beberapa jam saja sejak pendaratan, Philae tertidur kehabisan daya baterai. Namun demikian misi eksplorasi yang telah mengarungi antariksa sejauh 400 juta mil itu cukup fenomenal. Sebelum tertidur, robot Philae bisa mengunggah foto sekitar pendaratan.

Berikut Gambaranya : 




Hanya Itu Yang Bisa Saya Sampaikan Mengenai Dunia Antariksa Di Tahun 2014

Semoga Bermanfaat :))







Previous
Next Post »

4 comments

Click here for comments

PERATURAN BERKOMENTAR :

1. Dilarang Menaruh Link Aktif (Live Link)
2. Komentar Dilarang Mengandung Unsur Sara / Por*o
3. Setidaknya Gunakan Name/URL daripada Anonim (Pengguna Tanpa Nama)
4. Jika Komentar Relevan Kami bisa Menghargai Komentar Anda
5. Dilarang Spam Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment